MATERI PRAKARYA KELAS IX
PERTEMUAN 1


PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN

Indonesia negara yang memiliki sumber daya alam yang banyak. Kekayaan alam indonesia berupa sektor kekayaan migas, minyak bumi,bahan tambang, kekayaan alam non migas, pertanian,peternakan, dan perikanan. Sektor pertanian berupa sumber daya pangan 4 sehat 5 sempurna. Bahan pangan yang mempunyai kandungan mineral, VIT, dan karbohidrat.


Sumber pangan hewani hasil peternakan dan perikanan yang berasal dari produk olahan yang berbahan dasar dari hewan yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Pengolahan ini bertujuan memperlambat kerusakan akibat reaksi biokimiawi yang menghasilkan produk olahan sensorik (aroma, rasa, dan tekstur).


Bahan hasil peternakan dan perikanan yang masih mentah memiliki kandungan air yang tinggi jadi bahan bahan pangan cepat mudah rusak. Cara pengolahan yang benar saat digunakan agar tidak cepat basi biasanya berupa pengawetan, pembekuan, pengeringan , pengasapan , airing.


A.PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN MENJADI MAKANAN SIAP SAJI
Dimulai dari Daging, Siapa yang tidak kenal dengan daging. Daging merupakan bahan olahan lunak dari tubuh hewan yang terbungkus kulit dan melekatnya pada tulang menjadi bahan olahan bahan pangan. Daging dibedakan menjadi dua, yaitu daging warna merah dan putih. Daging merah berasal dari hewan berkaki empat seprti sapi, kambing, onta , dan kerbau.
Sedangkan hewan yang berkaki putih berasal dari unggas seperti ayam, bebek , burung dan lain-lain.

Comments